Ayo Bermain dengan Process Mining

image description

Apabila kita pernah melihat atau berada di dalam suatu organisasi besar dengan bisnis proses yang memiliki kompleksitas tinggi, maka sangat memungkinkan terjadi alur kerja yang tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Contoh sederhana untuk menggambarkan sebuah bisnis proses dapat dilihat dari ilustrasi yang akan dijelaskan berikut ini.

Ilustrasi ini menggambarkan proses sederhana dalam proses verifikasi untuk pengadaan barang. Ilustrasi ditampilkan dalam bentuk Workflow Net (Sub Class dari Petri net). Proses bisnis yang diinginkan dari contoh tersebut adalah sebagai berikut :


  • Permohonan Pengadaan diajukan
  • Setelah permohonan pengadaan diajukan, terdapat dua proses yang dilakukan secara konkuren, yaitu Verifikasi dan Cek stok barang
  • Dari proses verifikasi terdapat dua event, yaitu verifikasi tidak lolos dan verifikasi lolos. Sedangkan pada Cek stok barang, terdapat dua event yang mungkin, yaitu Stock ada dan stock habis.
  • Lalu tahap selanjutnya adalah menentukan apakah permohonan tersebut diterima atau tidak. Kondisi yang menjadikan sebuah permohonan diterima adalah apabila stock habis dan verifikasi lolos. Apabila ada kombinasi selain itu, maka permohonan ditolak
  • Pengumunan hasil verifikasi akan terjadi
Tentu saja dalam dunia nyata, banyak sekali penyimpangan-penyimpangan dalam melakukan proses bisnis tersebut. Akan muncul beberapa pertanyaan menarik seperti, 'Bagaimana saya bisa melihat penyimpangan tersebut?', 'Bagaimana saya mengetahui proses model yang terjadi pada pelaksanaannya?', 'Bagaimana saya mengetahui bottleneck dari proses operasional saya?', 'Bagaimana saya melakukan improvement terhadap bisnis proses saya?'

Salah satu solusi yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut salah satunya dengan process mining. Secara sederhana, process mining dapat diartikan sebagai kegiatan melakukan mining terhadap data event log yang dihasilkan oleh dari sistem informasi untuk mendapatkan insight terhadap suatu proses. Ada tiga jenis process mining yang dapat dilakukan :


DISCOVERY

Process mining dapat melakukan discovery process model dari event log yang tersedia. Artinya kita dapat membuat ilustrasi seperti contoh diatas tetapi memiliki satu nilai lebih, yaitu ilustrasi yang benar-benar terjadi pada saat operasional pelaksanaan.


CONFORMANCE

Apabila kita sudah bisa mendapat process model yang sesuai dengan realita, maka tentu saja kita bisa melihat deviasi antara process model yang kita inginkan dengan yang terjadi sesuai dengan realitas.


ENHANCEMENT

Dengan process mining, kita juga dapat melakukan enhancement dan improvement terhadap process model. Sebagai contoh, dengan menambahkan informasi timestamp pada setiap event, kita bisa melihat bottleneck pada process model kita. Tentu saja kita dapat melakukan analisis dan membuat keputusan untuk meminimalisasi bottleneck tersebut. Contoh lainnya apabila kita menambahkan informasi aktor pada setiap event, maka kita dapat melihat interaksi antar anggota organisasi dalam melaksanakan bisnis prosesnya. Kita bisa melakukan pertimbangan terhadap kinerja seseorang, bahkan dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam proses perekrutan.


Process mining tidak hanya berguna untuk proses bisnis organisasi, karena ini juga bermanfaat untuk software development. Banyak perspektif yang dapat digunakan dalam process mining, baik itu control flow perspective, organizational perpective dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini dapat  mengajak kita semua untuk mulai mencoba process mining untuk melakukan perbaikan pada process model bisnis, bahkan prosesorganisasi pemerintahan untuk melihat seberapa efektif birokrasi pemerintah kita dalam melayani masyarakatnya.







Latest articles

OUR TOP 5 CONTRIBUTOR

image description

Fajar Muharandy

-

-

image description

Fajar Jaman

-

-

image description

Bernardus Ari Kuncoro

-

-

image description

Rasyid Ridha

image description

Data Science Indonesia

data scientist

@datascience